Nirlan, S.H., M.M. MembukaResmi BimbinganTeknisPenyusunanMasterplan Smart City KabupatenLamteng 2023

Bupati Lampung Tengah Musa Ahmad yang diwakiliolehSekretaris Daerah Kabupaten Lampung Tengah, Nirlan, S.H., M.M. membukasecararesmi BimbinganTeknisPenyusunanMasterplan Smart City Kabupaten Lampung Tengah 2023 di Aula SigerEmasLantai IV Pemkab Lampung Tengah. Senin, 5 Juli 2023. Hadirdalamkegiatantersebut, antara lain, KementerianKominfo yang diwakilioleh, Prof. Ir. Lukito Edi Nugroho, Msc., Ph.d.BesertaRombongan, Para Asisten, KepalaDinasKominfotikLamteng DR. Chandra Puasati, M.Pd., serta Para KepalaPerangkat Daerah di lingkunganPemerintah Daerah Kabupaten Lampung Tengah dan para camat, sertaAkademisipelakuusaha,dankomunitasmasyarakat.

Bupati Lampung Tengah Musa Ahmad, melauiSekretaris Daerah Kabupaten Lampung Tengah Nirlan, S.H., M.M. sangatmenyambutbaikdansangatmendukungdengandiadakannyaBimbinganTeknis Smart City dan Quick Win OlehDinasKominfotik di Kabupaten Lampung Tengah ini. SaatiniseluruhKabupaten/Kota se-Indonesia menyadaribahwadaerahnyasudahharusmenerapkanpola Smart City. Kabupaten yang cerdas, kabupaten yang memberi layanankepadamasyarakatnyadenganseefektifdanseefisienmungkin, denganmemanfaatkanteknologiinformasidankomunikasi yang ada.

 

Smart City inisangatkitaperlukandalammenjawabtantanganzamanatasperkembanganpenduduk yang semakincepat, kompleksdanberagamsehinggamenambahpermasalahanbarudanpolakebutuhanmasyarakat yang cenderungdinamis. Selainitu, smart city merupakanupayainovatif yang dilakukanpemerintahdalammengatasiberbagaipersoalandanmeningkatkankualitashidupmasyarakatdenganmenyelaraskankebutuhanpublikdanlayananpemerintahmelaluipemanfaatanteknologiinformasidankomunikasi.

Untukitu, Bupati Lampung Tengah Musa Ahmad berharap bimtekinidapatmemperkenalkanlebihjauhtentang Smart City, tentangbagaimanamengintegrasikandanmensinergikanantaraperencanaanpengembangan Smart City di tingkatpusatdandaerah agar dapatmendorong proses pengembangan smart city yang efektif, efisien, inklusifdanpartisipatif. Untukitukepada para pesertabimtek, sayaberpesan agar dapatmengikutikegiataninidengansebaik-baiknya, dansetelahselesainyakegiataninidapatmenindaklanjutiapasaja yang harussegeradilakukan.

Disisi lain KepalaBadanPerencanaaan Pembangunan Daerah Kab. Lampung Tengah Irfan Toga Setiawan, S.E., M.M. dalamlamporanyamenyampaikantujuandilaksanakankegiatanini  :
1. Tersusunnyamasterplan smart city dan quick win program unggulanKabupaten Lampung Tengah.
2. Meningkatkanpemahamanmengenaipermasalahanperkotaan danrelevansinyaterhadapkonsepkotacerdas.
3. Memperdalamkapasitaspemerintahdalammemahamikonsep danparadigmakotacerdas.
4. Memperkuatkemampuanteknisdalammenyusunrencana strategi, pengembangan program, danevaluasi program inovasi digital.
5. Memperluaspengalamanpemerintahdaerahmengenaisolusi digital dalam penyelesaian masalah perkotaan. (Red)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.