Wabup Ardito Wijaya Buka PKD Lamteng

Wakil Bupati Lampung Tengah ( Lamteng ) dr. Hi. Ardito Wijaya secara resmi membuka Pekan Kebudayaan Daerah (PKD) Kabupaten Lamteng tahun 2021 di Gedung Sesat Agung Nuwo Balak, Rabu (20/10/2021).

Hadir dalam pembukaan, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Lamteng Adi Sriyono, S.Sos, M.M, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lamteng Syarief Kusen, S.Pd., M.M., Tokoh Adat Lampung Suttan Darmawan sekaligus sebagai Dewan Juri Lomba Cerdas Cermat Bahasa Lampung serta para kepala OPD Pemkab Lamteng.

Syarief Kusen dalam laporannya mengatakan, kegiatan PKD tahun 2021 mengambil tema kearifan lokal untuk ketahanan budaya. Sementara, tema kebudayaannya yaitu ketahanan pangan, sandang dan papan menuju Lampung Tengah Berjaya.

“Tujuan kegiatan pekan kebudayaan daerah ini adalah melestarikan budaya kearifan lokal daerah Kabupaten Lamteng, menggali dan melestarikan potensi budaya di Lamteng, meningkatkan apresiasi masyarakat tentang budaya Lampung, memotivasi kaum muda untuk mencintai dan mengembangkan budaya daerah, serta meningkatkan kreativitas inovasi terhadap pengembangan budaya lokal daerah,” kata Kusen.

Sementara itu, Wakil Bupati Lamteng dr. Hi. Ardito Wijaya dalam sambutannya mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Lamteng menyambut baik atas terselenggaranya kegiatan Pekan Kebudayaan Daerah Tahun 2021 ini.

“Karena, seperti yang diketahui dengan perkembangan zaman, generasi muda saat ini lebih menyukai budaya kebarat-baratan,” kata Mas Dito, sapaan akrab wabup.

Hal tersebut, menurutnya, bisa merubah citra diri sebagai bangsa Indonesia, terutama masyarakat Lampung dan khususnya Lampung Tengah.

Untuk itu, Wabup Ardito Wijaya mengajak kepada seluruh para hadirin dan pada budayawan untuk memperkenalkan budaya daerah kepada generasi penerus. “Salah satu contohnya kita kenalkan budaya melalui kegiatan seperti PKD ini,” pungkasnya.

Usai sambutan, putra mantan Bupati Lamteng A. Pairin ini memukul gong sebagai tanda pembukaan PKD Kabupaten Lamteng tahun 2021, disaksikan seluruh tamu undangan yang hadir.

Setelah itu, dilanjutkan dengan perlombaan yang merupakan rangkaian dari kegiatan PKD. Di antaranya, lomba kaligrafi Aksara Lampung tingkat SD dan SMP yang diikuti 170 peserta se-Lamteng.

Kemudian, final lomba cerdas cermat Bahasa Lampung tingkat SMP. Pada babak ini, keluar sebagai juara 1, SMPN 1 Seputihsurabaya, juara 2 SMPN 2 Terbanggibesar dan juara 3 SMPN Waypengubuan.

Serta juara harapan 1 SMPN Gunungsugih, juara harapan 2 SMPN Kalirejo dan juara harapan 3 SMPN Kotagajah. Juara utama dan juara harapan berhak mendapatkan hadiah berupa uang pembinaan dan piala dari Disdikbud Lamteng.

Tidak hanya itu, di hari yang sama juga diadakan lomba fashion show wastra Lampung. Seluruh lomba berjalan lancar dan menerapkan protokol kesehatan ketat. Kegiatan perlombaan rangkaian PKD masih akan berlanjut di hari berikutnya.

Adapun dalam setiap perlombaan, Disdikbud Lamteng mendatangkan juri dari sejumlah instansi dan unsur. Diantaranya dari Universitas Lampung, Kantor Bahasa Provinsi Lampung, Praktisi Bahasa Lampung, Tim Pembina Aksara dan Bahasa Lampung, Tim Ahli Cagar Budaya, MGMP Bahasa dan Sastra Lampung, MGMP Seni dan Budaya Lampung, serta Sahabat Budaya Lampung Tengah.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.